Perbedaan Touchscreen dan LCD dari Pengertian, Komponen Serta Fungsi

Perbedaan Touchscreen dan LCD dari Pengertian, Komponen Serta Fungsi, Dunia digital hari ini memang memaksa untuk menuruti semua perkembangan teknologi yang ada. Seperti halnya dengan touchscreen dan LCD, keduanya tampak sama tapi ternyata ada perbedaan touchscreen dan LCD yang sangat signifikan.

Keduanya berhubungan dengan layar, namun memiliki fungsi dan komponennya masing-masing. Berikut perbedaan keduanya dari segi kualitas, harga, pengertian, komponen dan fungsi. Pastikan menyimak dengan seksama, ya!

1. Kualitas Touchscreen dan LCD

Dalam tingkat kecerahannya touchscreen memiliki kecerahan yang lebih baik dibandingkan dengan LCD. Cenderung lebih tahan banting. Tidak hanya itu, pada touchscreen pun didesain harus jelas titik fokus sentuhan dalam pengoperasiannya.

Sedangkan, pada LCD memiliki kualitas yang lebih baik dalam hal titik-titik yang lebih detail dalam sensor sentuhannya. Serta, mampu menghasilkan warna yang lebih beragam melalui pantulan cahaya yang diterimanya.

2. Harga Touchscreen dan LCD

Kabar terbaru mengatakan kalau kini touchscreen sudah dapat dipasang secara portable dan dapat ditempelkan pada monitor televisi atau karaoke player. Harganya berkisar antara Rp 750.000,00 untuk ukuran 15,6 inci dan Rp 2.750.000,00 untuk ukuran 43 inci.

Sedangkan untuk harga penggantian LCD berkisar di angka Rp500.000,00 untuk handphone merk IPAD 2, IPAD 3, IPAD 4 dan Rp750.000,00 untuk IPAD Mini 1. Harga ini masih bervariatif tergantung dari jenis handphone. Semakin luas bidang layar handphone, semakin mahal juga biaya penggantiannya.

3. Pengertian Touchscreen dan LCD

Pengertian Touchscreen adalah sebuah alat input komputer yang menggunakan sentuhan dalam proses penggunaannya. Sentuhan yang akan dibaca oleh sistem dapat berupa sentuhan jari atau pena digital. Touchscreen lebih terfokus dalam titik sentuhannya, jika tidak di area sentuhan maka respon tidak akan bekerja.

Sedangkan LCD merupakan bentuk cairan seperti kristal yang dapat membentuk tampilannya. Nama LCD sendiri berasal dari bahasa asing Liquid Crystal Display. LCD tidak menghasilkan cahaya tetapi memantulkan cahaya.

4. Komponen Penyusun Touchscreen

Pada Touchscreen secara garis besar harus memiliki 3 komponen untuk menjalankan fungsinya. Komponen ini terkait dengan cara kerja touchscreen pada umumnya. Mulai dari hulu hingga hilir, diawali dengan sensor sentuhan dan diakhiri dengan respon dari data. Lebih jelasnya dapat dilihat berikut ini:

  • Panel sensor tampilan sebagai sensor sentuhan.
  • Controller, sebagai penerjemah sensor sentuhan yang disampaikan ke prosesor komputer.
  • Software monitor, mengubah data terjemahan dari komputer menjadi gerakan tetikus.

Sedangkan pada LCD terdiri dari backlight dan Liquid Crystal. Kedua komponen inilah yang jadi perbedaan touchscreen dan LCD paling mencolok. Dari segi bahan dan cara kerja sangat berbeda dengan touchscreen. Dan berikut ini penjelasannya:

  • Backlight biasanya berwarna putih dan berfungsi memantulkan cahaya (seperti fungsi cermin).
  • Liquid crystal adalah cairan air yang terletak di antara lapisan kaca yang transparan dan berfungsi sebagai konduktor (penghantar listrik).

5. Fungsi Touchscreen dan LCD

Secara fungsi touchscreen sering digunakan pada perangkat fasilitas umum seperti ATM, restoran tempatĀ  saji, mesin antrian, counter check in pesawat atau transportasi lainnya. Selain itu, hampir setiap handphone kini sudah dilengkapi dengan touchscreen.

Sedangkan LCD umumnya ditemukan pada perangkat yang membutuhkan tampilan lebih detail dan lebih sensitif dalam tiap sentuhannya, contohnya handphone, televisi atau laptop. LCD kebanyakan digunakan untuk menampilkan layar yang lebih jernih dan detail dalam titik vektornya.

6. Kelebihan dan kekurangan Touchscreen dan LCD

Touchscreen unggul dalam cara penggunaan (user friendly) dan pilihan yang valid sehingga memudahkan penggunanya serta kerja sistemnya langsung terlihat saat digunakan. Namun, harganya relatif tinggi dan coding sistemnya membutuhkan waktu yang lama.

Sedangkan pada LCD memiliki kelebihan dalam tekanan daya listrik yang dibutuhkan sangat rendah, serta harganya lebih rendah jika dibandingkan dengan touchscreen. Namun, kekurangannya ada pada tampilannya yang cenderung lebih gelap dibandingkan touchscreen dan tidak user friendly.

Demikian penjelasan tentang perbedaan touchscreen dan LCD. Menjadi bagian dari dunia digital memang dituntut untuk belajar lebih cepat dan bijak menyikapinya. Semoga informasi ini memberikan pelajaran yang memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.